apa itu stellar (XLM)
Berita Coin Panduan Stellar XLM

Apa itu XLM ( Stellar Lumens) ?

Apa itu XLM ( Stellar Lumens) ?

Apa itu XLM ( Stellar Lumens) ?

Singkatan dari Stellar Lumens / XLM hanyalah kode ISO (seperti USD) yang mewakili mata uang atau “aset asli” dari infrastruktur pembayaran terdistribusi sumber terbuka yang dikenal sebagai Stellar.

Dengan cara ini, XLM mirip dengan BTC (Bitcoin), token pertukaran digital yang bekerja melalui teknologi blockchain. Namun, tidak seperti BTC, Lumens (XLM) telah diberi nama unik yang membedakan mereka dari jaringan yang mereka jalankan dan dari organisasi yang membuatnya.

Saat ini, Lumen termasuk cryptocurrency paling populer di dunia dengan kapitalisasi pasar yang cukup besar. Ini sedang dikembangkan oleh Stellar Development Foundation nirlaba, yang timnya menyertakan nama-nama terkenal seperti Kamal Ravikant dan Matt Mullenweg.

apa itu stellar (XLM)
apa itu stellar (XLM)

Sejarah XLM

Untuk menceritakan kisah latar belakang XLM ( Stellar Lumens ). XLM Didirikan pada awal 2014 oleh Jed McCaleb dan Joyce Kim. Setelah membuat beberapa perubahan pada kode konsensus penting, jaringan  menciptakan “Stellar-core”.

Sekitar waktu inilah Joyce Kim mengklaim bahwa ada kelemahan dalam protokol awal Ripple (XRP) (pernyataan ini ditantang dalam publikasi blog CTO Ripple Labs, Stefan Thomas). Segera setelah drama ini, Stellar Development Foundation (SDF) dibentuk dan versi terbaru dari protokol diluncurkan dengan algoritma konsensus baru.

Tujuan dari platform baru ini adalah (antara lain) “untuk menghubungkan orang, sistem pembayaran dan bank”.

Dokumen teknis dan kode baru untuk pembaruan ini diluncurkan pada bulan April 2015 dan jaringan mulai beroperasi pada bulan November tahun yang sama. Aset asli di jaringan Stellar disebut sebagai “Stellars” (diluncurkan dengan 100 miliar unit pada 2014); nama diubah menjadi Lumens (XLM) setelah pembaruan 2015.

Apa yang membuat XLM terpisah?

Lumen ada untuk menghubungkan mata uang fiat dan memungkinkan pertukaran yang hampir seketika tanpa pembeli atau penjual menyentuh mata uang kripto. Tetapi untuk memperdalam mengapa Lumen ada dan apa yang membuatnya unik. Sistem Stellar memiliki koin bawaan karena 2 alasan.

  1. Lumens memainkan peran anti-spam. Setiap transaksi memiliki fee yang sangat kecil (0,00001 XLM). Fee ini berfungsi sebagai tindakan pencegahan terhadap serangan DoS. Lumen berfungsi sebagai token keamanan yang menghilangkan serangan transaksional skala besar ini.
  1. Lumens memungkinkan transaksi dalam berbagai mata uang. Mereka berfungsi sebagai saluran untuk transaksi antara mata uang yang tidak memiliki pasar yang ada atau yang sulit diakses. Ini hanya dimungkinkan ketika ada pasar likuid antara XLM dan setiap mata uang yang terlibat.

Tidak seperti banyak cryptocurrency lainnya , XLM secara sporadis diberikan secara gratis. Mengapa ini dilakukan?

Stellar menghubungkannya dengan misi mereka yaitu:

Untuk mencapai ekonomi digital yang lebih inklusif. Sesuai dengan misi kami, Stellar.org bekerja untuk menghubungkan orang-orang dengan layanan keuangan berbiaya rendah. Memberikan secara gratis kepada masyarakat untuk merancang layanan yang mereka butuhkan.

Selain itu, memberi Lumens adalah cara mudah bagi sponsor Anda untuk memperluas jangkauan jaringan. Dengan kata lain, jika ada lebih banyak orang dengan XLM yang secara aktif menggunakannya, utilitas sistem secara umum akan meningkat secara signifikan.

Tetapi ini menimbulkan banyak pertanyaan lain. Siapa yang diberi XLM? Mengapa seseorang akan membelinya jika dikirimkan secara gratis?

Menurut SDF, 95% token dalam jaringan akan dikirimkan dan 5% akan ditahan untuk biaya operasi.

50% untuk individu yang menginginkan lumen.

25% untuk organisasi nirlaba, hibah bisnis, dan lembaga pemerintah.

20% untuk pemegang bitcoin

SDF memperkirakan bahwa semua lumens akan didistribusikan dalam 10 tahun, pada saat itu orang harus membelinya dalam wallet / dompet untuk mendapatkan XLM. XLM adalah koin dengan asal-usul yang sedikit berbeda dari banyak cryptocurrency lainnya.

The Star Team (XLM)

XLM didukung oleh tim pengembang, pengusaha, dan pemodal ventura yang kuat.

Ini adalah beberapa pendukung XLM.

Jed McCaleb adalah salah satu pendiri SDF, yang dananya mencakup pendirian eDonkey2000 (salah satu jaringan file-sharing terbesar pada masanya), menjadi pencipta Mt. Gox (pertukaran BTC pertama) dan pendiri Ripple.

Joyce Kim adalah salah satu pendiri SDF, sebelumnya VC di Freestyle Capital dan pengusaha serial. Kim lulus dari Cornell University pada usia 19 dan kemudian lulus dari Harvard and Columbia Law School. Dia juga Direktur Lab Media MIT.

David Mazières adalah kepala ilmuwan SDF dan profesor ilmu komputer di Stanford University. Ia memiliki gelar di bidang Ilmu Komputer dari Harvard dan Ph.D. di bidang Teknik Listrik dan Ilmu Komputer dari MIT. Sebagian besar protokol stellar adalah dia penciptaannya.

Jika Anda menemukan daftar anggota dewan dan penasihat, Anda akan menemukan nama-nama penting dari WordPress, Y-combinator, Microsoft, Apache, Stripe, Google dan banyak lainnya. Secara umum, ini adalah indikator positif ketika daftar nama-nama besar memberi bobot pada proyek.

Tantangan dan kritik

Satu masalah yang telah dikemukakan adalah bahwa teknologi yang McCaleb uraikan dan hal-hal yang Ripple gunakan saat ini sangat berbeda. Ini memberi banyak tekanan pada visi nya secara individual.

Ripple dikelola oleh tim yang terdiri lebih dari 200 orang dan telah mengumpulkan dana sekitar $ 100 juta. Sebaliknya, Stellar dikelola oleh sekelompok kecil orang dengan dana yang jauh lebih sedikit. Argumennya adalah bahwa probabilitas kesalahan atau kegagalan lebih besar dengan lebih sedikit orang yang terlibat.

Ada juga beberapa keraguan tentang transparansi (atau kurangnya Stellar) ketika menyangkut upah yang diberikan Lumen kepada karyawannya, dan hadiah atau “airdrops” Lumen.

Bagaimana cara membeli dan menyimpan XLM

Lumens dapat dibeli di berbagai bursa, anda bisa memilih bursa yang paling populer seperti binance.

Selain itu, Stellar memiliki program pendaftaran langsung untuk membantu memfasilitasi tujuannya membuat lumens mudah diakses oleh jutaan orang. Pada November 2017, mereka menerbitkan pembaruan ini tentang program, memberi tahu orang-orang tentang situasi saat ini dan apa yang harus dilakukan jika mereka memiliki masalah dalam mengklaim lumen mereka.

Selain itu, sebagai bagian dari mandatnya, Stellar mengirimkan XLM kepada pemegang Bitcoin. Ini dilakukan dalam serangkaian putaran, yang terakhir berakhir pada 27 Agustus 2017.

Dalam hal penyimpanan, setidaknya ada sepuluh dompet yang dapat dipilih setelah token Anda dibeli.

Beberapa contoh:

Lobstr adalah dompet untuk jaringan Stellar. Lobstr tersedia sebagai aplikasi web dan juga memiliki aplikasi spesifik untuk Android dan iOS.

Client desktop Stellar adalah portofolio sumber terbuka untuk desktop Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengenkripsi kunci rahasia Anda dan menyimpannya secara lokal di mesin Anda.

Papaya adalah dompet yang mudah digunakan untuk menyimpan lumens dan aset lainnya. Tidak diperlukan pengetahuan teknis untuk menggunakannya, tidak ada kunci atau garis kepercayaan.

Kesimpulan

Lumen / XLM adalah aset lain di bidang cryptocurrency yang populasinya cepat. Tampaknya diposisikan sebagai solusi mata uang digital untuk negara berkembang, tetapi makin popular dalam beberapa tahun terakhir. Pada November 2017, Deloitte, Stripe dan, yang paling penting, IBM telah menciptakan kemitraan dengan Stellar. Sebuah langkah besar ke arah yang benar.

Bitcoin Mastah
Bitcoinmastah.com - Berita dan Kabar terbaru Bitcoin dan Cryptocurrency
https://www.bitcoinmastah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *