Panduan Bitcoin untuk pemula

Panduan Bitcoin untuk pemula : Pengenalan Crypto Currency

Tips dan Panduan Bitcoin untuk pemula : Pengenalan Crypto Currency

“ Gan, Gimana sih cara main bitcoin?
“ Bitcoin itu apa ?
“ Cara mendapatkan bitcoin gimana sih ?
“ Saya mau main bitcoin tapi tidak tahu harus memulainya darimana ?

Pertanyaan di atas sering sekali saya dengar dan saya dapatkan dari seorang yang baru ingin mempelajari bitcoin. Namun terkadang saya jujur suka binggung karena mereka biasa nya belum memahami dan mengerti sepenuhnya tentang apa itu bitcoin.

Pada postingan ini saya ingin berbagi pengetahuan saya tentang bitcoin ataupun crypto selama saya terjun dalam dunia bitcoin ini. Khusus nya bagi teman-teman yang mungkin masih binggung tentang apa itu bitcoin dan bagaiman cara mendapatkan dan menggunakannya.

Tanpa banyak basa basi silahkan baca dari awal hingga akhir.

Untuk  memahami kebinggungan seputar bitcoin hal pertama yang harus anda pahami adalah apa itu bitcoin.
Panduan Bitcoin untuk pemula

Apa itu Bitcoin ?

Bitcoin secara singkat bisa di katakan sebagai mata uang digital yang terdesentralisasi pertama dan Saat ini Bitcoin juga bisa di sebut juga dengan Asset Digital seperti layaknya sebuah emas digital. ( Untuk  Selengkapnya baca artikel : Apa itu Bitcoin ? ) .

Apakah teman-teman sudah memahami sedikit tentang bitcoin ? katakan saja sekarang ini bitcoin anda anggap sebagai asset digital layaknya sebuah emas digital yang dapat di jadikan investasi. Karena secara opini pribadi bitcoin lebih pantas di katakana sebagai asset digital di bandingkan mata uang digital.

Jika anda sudah memahami dan mengerti apa itu bitcoin. Sekarang anda harus tahu kenapa anda harus memiliki Bitcoin ? ( untuk selengkapnya baca artikel : kenapa harus menggunakan bitcoin ? ).

Kenapa anda harus memiliki bitcoin ? jawab singkatnya, jika anda memiliki bitcoin anda bisa menjadikan Bitcoin sebagai investasi dan anda juga memiliki kontrol penuh atas uang anda.

Lalu bagaimana cara mendapatkan bitcoin ?

Ada banyak cara untuk mendapatkan bitcoin. Akan tetapi cara yang paling umum adalah membeli Bitcoin di Exchanger atau menambang Bitcoin itu sendiri.

Sebelum anda memulai untuk ingin memiliki bitcoin.  Ada beberapa hal yang harus saya ingat kan kepada anda.

Bitcoin ataupun asset digital lainnya adalah sebuah investasi atau perdagangan digital asset beresiko tinggi / HIGH RISK. Harga nya sangat fluktuatif yang dimana harga tersebut bisa berubah secara signifikan. Jadi harap di pertimbangkan sebelum anda terjun kedalam dunia cryptocurrency ataupun bitcoin.

Untuk memiliki bitcoin langkah awal yang harus anda lakukan adalah anda harus membuat atau memiliki dompet bitcoin. Tentunya hal ini adalah hal yang wajib anda lakukan untuk pertama kali nya. Percuma dong sudah membeli bitcoin tapi tidak ada tempat untuk menampung bitcoin anda. Ada banyak macam jenis dompet bitcoin ada online wallet maupun hardware wallet. Seperti bitcoincore, ledger nano, paper wallet , dll.

Jenis wallet / Dompet Bitcoin memiliki kekurangan dan kelebihannya masing”. Tapi disini saya hanya ingin menjelaskan dan merekomendasikan online wallet / exchanger wallet. Karena semua wallet itu mungkin nanti akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Untuk online wallet anda bisa membuatnya di Blockhain.com . Tetapi saya lebih merekomendasikan anda membuat wallet bitcoin di salah satu top exchanger di Indonesia yaitu di INDODAX.
Apa kelebihan wallet bitcoin di indodax.com ?
  1. Anda tidak perlu repot-repot mencairkan bitcoin anda ke dalam rupiah karena indodax selain bisa dijadikan wallet juga bisa sebagai pusat perdagangan dan pertukaran bitcoin.
  2. Indodax memiliki banyak macam wallet. Tidak hanya Bitcoin, Indodax memiliki banyak sekali dompet asset digital selain bitcoin yang bisa kita sebut ALT coin (Alternatif Coin, Contohnya : XRP, Ethereum, Litecoin, Dogecoin, dll). Jadi anda bisa memiliki macam asset digital di satu tempat.
Apa Kekurangan Wallet di exchanger / wallet online ?

Kekurangannya adalah anda tidak dapat memiliki akses kontrol penuh dalam dompet tersebut. Berbeda dengan hardware wallet ataupun paper wallet yang dimana kalian yang memiliki akses kontrol sepenuhnya. Dan juga keamanan asset anda harus anda percayakan kepada exchanger tersebut.

Saya merekomendasikan untuk Exchanger Indonesia di Indodax. Anda bisa mendaftarkannya lewat link berikut : > DAFTAR INDODAX <

Untuk Exchanger Internasional saya merekomendasikan anda pada exchanger Binance. Binance adalah salah satu Exchanger terbesar saat ini. Anda bisa mendaftarkannya dsini : > DAFTAR BINANCE <

Setelah anda sudah mendaftar dan memiliki dompet / wallet bitcoin. Yang anda harus pilih adalah anda harus memilikinya dengan cara membeli atau kah menambang bitcoin itu sendiri ?

Jika anda memilih dengan cara membeli anda sudah bisa langsung melakukan pembelian bitcoin atau alt coin lain nya sebagai investasi di exchanger tersebut. Tetapi jangan lupa anda harus verifikasi identitas anda terlebih dahulu untuk bisa deposito uang anda di indodax agar anda bisa membeli bitcoin.

Akan tetapi jika anda memilih dengan cara menambang, anda harus memerlukan atau mengeluarkan sejumlah modal yang cukup besar. Untuk menambang bitcoin anda harus memerlukan beberapa perlengkapan seperti komputer ataupun antminer , dll. Ditambah lagi komputer atau alat miner yang anda gunakan harus hidup 24jam nonstop yang dimana memerlukan biaya listrik yang cukup besar. Menurut saya menambang bitcoin cukup merepotkan dan memerlukan persiapan yang cukup banyak. Jadi disini saya hanya akan menjelaskan cara mendapatkan bitcoin dengan cara yang sangat mudah. Untuk cara menambang bitcoin mungkin di artikel selanjutnya akan saya jelaskan.